Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa.
Yang termasuk dalam komunikasi massa antara lain adalah: koran, film, radio,
televisi dan sebagainya
Komunikasi massa
adalah proses dimana organisasi media
membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik)
Komunikasi massa mempunyai beberapa perbedaan dengan komunikasi tatap
muka. Menurut DeFleur dan Dennis, perbedaan terjadi dalam hal konsekuensi
menggunakan media, konsekuensi memiliki khalayak luas dan beragam, pengaruh
sosial dan kultur. Sedangkan menurut Elizabeth Noelle-Neuman ada empat tanda
pokok dari komunikasi massa bila secara teknis komunikasi massa diperbandingkan
dengan sistem komunikasi interpersonal.
Ciri-ciri komunikasi
massa
- Menggunakan media masa dengan organisasi (lembaga media) yang jelas.
- Komunikator memiliki keahlian tertentu
- Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi dan terencana
- Khalayak yang dituju heterogen dan anonim
- Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan
- Ada pengaruh yang dikehendaki
- Dalam konteks sosial terjadi saling memengaruhi antara media dan kondisi masyarakat serta sebaliknya.
- Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.
-
Berdasarkan teorinya, efek komunikasi masa dibedakan menjadi tiga macam efek, yaitu efek terhadap individu, masyarakat, dan kebudayaan.Efek komunikasi masa terhadap individuMenurut Steven A. Chafee, komunikasi masa memiliki efek-efek berikut terhadap individu:
- Efek ekonomis: menyediakan pekerjaan, menggerakkan ekonomi (contoh: dengan adanya industri media massa membuka lowongan pekerjaan)
- Efek sosial: menunjukkan status (contoh: seseora ng kadang-kadang dinilai dari media massa yang ia baca, seperti surat kabar pos kota memiliki pembaca berbeda dibandingkan dengan pembaca surat kabar Kompas.
- Efek penjadwalan kegiatan
- Efek penyaluran/ penghilang perasaan
- Efek perasaan terhadap jenis media
Menurut Kappler (1960) komunikasi masa juga memiliki efek:- conversi, yaitu menyebabkan perubahan yang diinginkan dan perubahan yang tidak diinginkan.
- memperlancar atau malah mencegah perubahan
Efek
Media Massa
Ada 3 pendekatan dalam media massa yakni:
- Efek media massa, perubahan pada diri khalayak komunikasi massa dan tinjauan suatu observasi yang dikenai efek komunikasi massa.
- Efek kehadiran masa secara fisik memberikan 5 efek yakni: efek ekonomis, efek sosial, efek penjadwalan kembali kegiatan sehari-hari, efek pada penyaluran/penghilangan perasaan tertentu dan efek pada perasaan orang terhadap media.
- Pesan media massa memberikan efek kognitif, efektif dan behavioral kepada khalayak penerima. Selain efek-efek negatif media massa juga memberikan efek positif dengan menimbulkan efek prososial. Tiga wilayah efek prososial, antara lain efek terapetik, pengembangan kendali diri, kerja sama membagi dan membantu.
id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_massa
http://massofa.wordpress.com/2008/03/28/sistem-komunikasi-massa/
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar